Maret 09, 2011

Si Bungsu yang Bermasalah saat Tumbuh


Saya mau share sedikit tentang derita yang sedang saya hadapi sekarang ini. GIGI GERAHAM YANG BARU TUMBUH.  Sakitnya naudzubillah... Saya udah ngerasain sakit ini dari 4 hari yang lalu. Dan selama 4 hari itu rasanya seperti sedang ngemut kerikil tajam di belakang mulut sebelah kanan. Efeknya, migren, pipi pegel-pegel, leher kaku, susah tidur, dan sulit kumur-kumur. Ini sedikit ulasan yang saya ambil dari artikel di Wikipedia

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang muncul pada usia sekitar 18-30 tahun.
Gigi bungsu termasuk dalam kategori struktur vestigial, yaitu struktur yang fungsi awalnya menjadi hilang atau berkurang sejalan dengan evolusi. Banyak ahli berpendapat bahwa perubahan jenis makanan pada manusia modern dari mentah menjadi dimasak membuat makanan lebih lunak. Selain itu, pemeliharaan gigi modern mengalami kemajuan pesat. Akibatnya kerusakan pada gigi berkurang. Kehadiran gigi bungsu yang diperkirakan dapat membantu bila ada geraham lain yang tanggal menjadi tidak berguna, malah pada kebanyakan orang menjadi masalah.
Masalah Pada Gigi Bungsu

Gigi yang berdesakan

Karena gigi bungsu tumbuh paling akhir, kadang-kadang rahang tidak memiliki tempat yang cukup untuk gigi bungsu tumbuh dengan wajar. Akibatnya gigi bungsu mendesak gigi geraham yang berada di depannya. Hal ini akan mengakibatkan sakit pada gigi. Masalah ini umumnya diatasi dengan mencabut gigi bungsu yang baru tumbuh. Bila gigi bungsu menempati posisi yang sulit untuk dicabut, yang dicabut adalah gigi geraham yang terdesak sehingga gigi bungsu mendapat tempat yang cukup untuk tumbuh.

Gigi yang tidak muncul sempurna pada gusi

Terkadang gigi bungsu tidak muncul dengan sempurna pada gusi. Gusi yang menutupi gigi dapat menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan sakit pada gigi.
Pengobatan

Pencabutan

Sebelum dicabut, gigi umumnya akan difoto terlebih dahulu dengan sinar X untuk mengetahui bentuk, posisi dan kedalaman gigi. Pencabutan gigi bungsu biasanya dilakukan dengan pembiusan lokal, namun kadang-kadang juga dilakukan dengan bius total. Walaupun tergolong operasi kecil, pencabutan gigi sebaiknya dilakukan secara profesional oleh dokter gigi, mengigat komplikasi yang mungkin timbul saat dan setelah pencabutan.

Yang saya pertanyakan, kenapa solusinya harus dicabut?! Gigi juga punya hak untuk hidup! Entah ini akal-akalan dokter aja agar dapat pasien atau memang benar itu solusinya. Karena sepengalaman nyokap, kakak, dan teman-teman saya yang pernah merasakan sakitnya gigi tumbuh, tidak ada yang sampai dicabut.
Harapan saya cuma satu, supaya saya kuat menghadapi rasa nyeri ini sampai sekitar 2 minggu, kira-kira selama itulah orang-orang yang saya tanya pengalamannya merasakan sakit saat gigi geraham ke-3 tumbuh.

2 komentar:

  1. hhmmm, gw tau.. ini pasti gara" lo baca artikel yang lo post di fb.. so, terinspirasi deh :))

    BalasHapus