November 13, 2015

Cara Mudah Membuat Anggaran Bulanan Keuangan Pribadi

Apakah kata anggaran membuat Kamu terintimidasi? Seharusnya tidak.
Membuat anggaran memungkinkan Kamu memiliki kontrol atas apa yang Kamu belanjakan.
Lebih khusus, anggaran bulanan (monthly budget) dapat membantu Kamu memutuskan cara terbaik membelanjakan uang, merencanakan masa depan, melunasi hutang, dan menabung setiap bulan dengan mengurangi pembelian boros dan impulsif.


Berikut adalah langkah yang diperlukan untuk membuat anggaran bulanan:

1. Mengkategorikan Pengeluaran.
Ketika mulai membuat anggaran bulanan, mulailah dengan kategori besar sebelum memecah anggaran ke dalam kategori pengeluaran yang lebih kecil.

2. Dari daftar pengeluaran, buat dua daftar anggaran terpisah, satu untuk pengeluaran penting dan yang lainnya untuk pengeluaran ekstra.
Dalam setiap kategori anggaran umum, beberapa item bisa dikategorikan sebagai penting (angsuran atau sewa rumah, tagihan listrik, makanan, pendidikan anak, dll); sedangkan item lain bisa dianggap sebagai pengeluaran ekstra (perabotan baru, hadiah untuk teman, makan di restoran, dll).

3. Lihat daftar yang sudah Kamu buat dan temukan mata anggaran fleksibel di mana Kamu dapat memotong atau bahkan meniadakannya.
Letakkan tanda bintang di samping item-item fleksibel sehingga Kamu dapat mengidentifikasinya.

4. Memperkirakan apa yang Kamu belanjakan.
Periksa resi atau bukti tanda terima pembelanjaan yang telah Kamu simpan sehingga Kamu dapat melacak berapa banyak pengeluaran pada mata anggaran penting dan ekstra.

5. Tambahkan semua item anggaran penting dan anggaran ekstra secara terpisah.
Dengan membuat daftar secara terpisah, Kamu dapat melakukan pemotongan atau pengurangan dengan lebih mudah.

6. Kurangkan pendapatan bulanan dengan pengeluaran penting, jika Kamu masih memiliki uang tersisa, kurangkan sisa uang ini dengan total pengeluaran ekstra.
Jika Kamu masih memiliki uang yang tersisa, itu merupakan hal bagus! Gunakan sisa uang ini untuk ditabung atau melakukan investasi

7. Jika setelah dikurangi dengan pendapatan ekstra angka menjadi negatif, mulailah mencari item yang bisa dipotong atau dikurangi.
Kamu juga dapat memotong dari daftar anggaran ekstra untuk digunakan lebih banyak sebagai dana pembayaran utang jika hal ini menjadi prioritas dalam kehidupan finansial Kamu saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar